Jumat, 27 September 2013


Yersinia enterocolitica

Disusun oleh:

Martinus Mulyanto                 11.70.0076
Melany Isabella D. C              11.70.0078
Nies Mayangsari                     11.70.0079


1.      Karakteristik
 
Yersinia enterocolitica ditemukan oleh Schleifstein dan Coleman pada tahun 1939 di Amerika Serikat. Sebagian besar laporan tentang bakteri ini diterbitkan sejak awal 1960-an. Dalam empat dekade terakhir, bakteri ini lebih dikenal sebagai patogen bawaan pada makanan. Pada kenyataannya, Y. enterocolitica dan Campylobacter jejuni dapat dianggap sebagai bakteri pathogen. Bakteri ini memiliki sifat tidak memfermentasi laktosa, dengan urease positif dan oksidase positif. Spesies Yersinia termasuk anaerobik fakultatif bakteri yang tidak membentuk spora, serta masuk ke dalam kelompok Enterobacteriaceae.

Spesies Y. enterocolitica ditandai dengan batang Gram negatif (0.99-3.54 μm x 0.52-1.27 μm), diatur sendiri-sendiri atau singkatnya rantai atau tumpukan. Bentuk coccoid hamper mendominasi pertumbuhan kultur disuhu 22-25˚C pada media diferensial selektif yang digunakan untuk isolasi. Karena Y. enterocolitica adalah salah satu beberapa bakteri patogen yang dapat tumbuh di suhu pendingin, makanan yang terkontaminasi awalnya rendah patogen ini dapat berfungsi sebagai media untuk proliferasi dan media penyakit. Namun, tidak semua Y. enterocolitica itu memiliki sifat patogen karena hanya sebagian dari isolat yang dapat menyebabkan penyakit dan isolat yang berpotensi patogenik inilah membawa materi genetik yang dikenal sebagai plasmid virulensi.

2.      Sumber kontaminasi dan bahan yang sering terkontaminasi

Yersinia enterocolitica ini paling sering dikaitkan dengan produk babi dan susu, karena adanya wabah bawaan yang sering muncul dari makanan ini. Namun, organisme juga dapat terisolasi dari makanan lain seperti buah-buahan, sayuran, produk susu, berbagai daging dan unggas, kerang, ikan, salad, sandwich, kue-kue dan tahu, meskipun isolat dari sumber ini sering termasuk jenis non-patogenik.

Y. enterocolitica telah diisolasi dari bahan baku susu dibanyak Negara seperti Australia, Kanada, Czedhoslovakia, and USA. Ada juga beberapa laporan ada isolasi patogen dari susu pasteurisasi. Hal ini dapat terjadi mungkin karena kerusakan dalam proses pasteurisasi untuk perawatan yang memadai atau kontaminasi pasca proses, atau bisa jadi karena kontaminasi dari heat-resistant  golongan Y. enterocolitica. Bakteri Y. enterocolitica bisa tumbuh di susu pada suhu 3˚C. Hal juga bisa terjadi karena pengurangan bakteri psychrotrophic dalam susu setelah pasteurisasi, dimana akan mengaktifkan rendahnya pesaing sehingga patogen oportunistik seperti Y. enterocolitica tumbuh lebih baik di susu yang telah mengalami proses pasteurisasi daripada dalam susu mentah. Jadi, kehadiran patogen dalam susu pasteurisasi harus dan perlu menjadi perhatian khusus.

Bakteri Y. enterocolitica sering terdeteksi dalam daging dan produk unggas. Tingkat patogen ini ditemukan secara konsisten dalam jumlah tinggi pada daging yang dikemas dengan vakum yang memiliki pH di atas 6 serta temperatur rendah. Secara umum, tingkat isolasi tertinggi patogen Y. enterocolitica (67%) terdapat pada babi. Bakteri Y. enterocolitica juga telah terisolasi dari tiram, kerang, udang, kepiting biru, ikan, salad ayam dan direbus jamur, dan kubis, seledri dan wortel.


3.      Gejala dan penyakit yang ditimbulkan

 Yersinia  enterocolitica merupakan bakteri yang menyebabkan infeksi dengan penularan melalui makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia. Infeksi yang diakibatkan olehYersinia enterocolitica disebut yersiniosis yang bersifat zoonotic, artinya dapat menyerang manusia maupun hewan. Yersinia enterocolitica dapat menyebabkan penyakit pada anak-anak, orang tua, bahkan bayi. Salah satu penyakit yang utama ditimbulkan oleh Yersinia enterocolitica padaanak-anak adalah foodborne gastroenteritiss dan peradangan kelenjar getah bening.

Yersinia enterocolitica baru akan menimbulkan efek kesehatan setelah berada di dalam tubuh selama 1-11 hari (pada umumnya 24-48 jam). Gejala yang ditimbulkan oleh Yersinia enterocolitica meliputi sakit perut (bagian abdomen) seperti ketika terserang usus buntu, demam, muntah, mual, dan diare. Gejala ini hanya berlangsung selama 2-3 hari atau dapat mencapai 1-3 minggu dengan gejala yang lebih ringan. Ketika gejala berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama (beberapa bulan), pada 2-3% kasus yang terjadi akan timbul gejala baru yaitu penyakit reiter, keluhan pada mata dan ruam, kolangitis, septikemia, abseshati, dan limpa, limfadenitis, pneumonia, spondilitis, radang pada kulit yaitu eritemanodosum (kulitmenjadimerah) dan radang sendi (reactive arthritis). Apabila sudah cukup parah, akan terjadi bakteremia. Bakterimia merupakan peristiwa masuknya suatu mikroorganisme ke dalam darah dan akan menimbulkan hal yang fatal.

4.      Catatan insiden/outbreak

Yersiniosis adalah jenis penyakit yang umum ditemukan di Eropa Utara, Jepang dan Skandinavia. Infeksi sering diperoleh melalui konsumsi produk daging babi mentah atau setengah matang, atau konsumsi susu yang telah terkontaminasi. Yersinia enterocolitica diketahui menyebabkan kelainan pada usus halus dan menyebabkan penyakit saluran pencernaan yang berat seperti penyakit enterika akut disertai dengan febris(demam) disertai kehilangan banyak cairan , enterokolitis/ileitis terminalis, limfadenitis akut pada mesentrium yang gejalanya mirip apendicitis. Penyakit-penyakit tersebut biasanya sering menyerang anak kecil. Selain itu dapat juga menyebabkan septikemia abses(bertahannya bakteri patogen dalam darah) yang biasanya terjadi pada penderita yang daya tahan tubuhnya menurun. Di AS dan Kanada, di mana wabah keracunan makanan dari yersiniosis relatif tidak biasa, kasus terutama telah dikaitkan dengan konsumsi mentah, atau recontaminated susu pasteurisasi. Pada tahun 1976 wabah yang melibatkan 217 orang di AS terkait dengan konsumsi cokelat minum susu. Yersinia enterocolitica telah kadang-kadang terjadi pada darah donor dari donor sehat atau donor dengan riwayat diare, darah yang terkontaminasi tersebut kadang-kadang menyebabkan Yersinia bakteremia dan kematian dari penerima (Tabel 19) (Jacobs dkk., 1989).

5.      Cara menanggulangi/ pencegahan kontaminasi
  •      Cara penanggulangan pada proses pengolahan
      Tingkat kontaminasi Yersinia enterocolitica dalam daging babi mentah dapat dikurangi dengan menggunakan langkah-langkah untuk membatasi tingkat kontaminasi feses pada bangkai babi setelah disembelih. Daging babi mentah harus selalu dianggap sebagai potensi sumber Y. enterocolitica dan harus segera ditangani. Pengendalian patogen pada produk segar harus fokus pada penghilangan kontaminan. Proses pemasakan susu pasteurisasi adalah cara yang efektif untuk menghancurkan  patogen, dan pengolahan lanjutan harus dilakukan untuk memastikan bahwa kontaminasi ulang makanan heatprocessed tidak terjadi setelah proses memasak. Sebagai contoh, multistate wabah di Amerika Serikat disalahkan pada penggunaan peti yang kotor dan tercemar untuk menyimpan dan mendistribusikan susu pasteurisasi. Keberadaan Y. enterocolitica dalam makanan menunjukkan pemanasan yang tidak memadai atau kontaminasi di dalam proses. Organisme ini dapat meningkat pertumbuhannya selama penyimpanan pada suhu dingin sehingga metode pendinginan bukan merupakan cara yang efektif untuk kontrol.
  • Cara penanggulangan saat konsumsi produk

           Risiko tertular yersiniosis meningkat dengan konsumsi daging babi mentah, atau babi dimasak. Konsumen harus disarankan pada langkah-langkah untuk memastikan bahwa produk babi yang dimasak secara menyeluruh dan menghindari kontaminasi silang dari daging babi yang mentah terhadap produk. Konsumen juga harus diberitahu tentang resiko dari minum susu mentah, dan air dari sumber yang tidak diobati, terutama di daerah di mana babi disimpan.
      
    Obat-obat yang dapat dikonsumsi untuk mengobati Yerinoiosis yaitu:
- chlorampenicol:
- trimethoprim-sulfamethoxazole,
- piperacillin,
- cephalosporin

6.      Referensi

Wong, Hin-chung. (____). YERSINIA ENTEROCOLITICA. Department of Microbiology. Soochow University.

Stern,N.J. 1981. Isolation of potentially virulent Yersinia enterocolitica. Journal of Food Science 46, 41-42.

Swaminathan,B., Harmon,M.C., Mehlman,I.J. 1982. Yersinia enterocolitica. Journal of Applied Bacteriology 52, 151-183.

Huovinen, Elisa; Leila M Sihvonen; Mikko J Virtanen; KaisaHaukka; AnjaSiitonen; danMarkkuKuusi. (2010).Symptoms and sources of Yersinia enterocolitica-infection: a case-control study. BMC Infectious Diseases 2010, 10:122.

Lawley, Richard; Laurie Curtis; Judy Davis.(2008).The Food Safety Hazard Guidebook.The Royal Society of Chemistry, Thomas Graham House, Science Park, Milton Road, Cambridge CB4 0WF, UK.

USDA. (2011). Yersiniosis and Chitterlings: Tips to Protect You and Those You Care for from Foodborne Illness.United States Department of Agriculture Food Safety and Inspection Service.


Pirie R, Williman J, Nicol C, Sexton K. (2008).Review of Yersiniosis Notifications in New Zealand 2002-2006. Client report FW07111 for the New Zealand Food Safety Authority. ESR: Kenepuru Science Centre

6 komentar:

  1. saya yuni rusiana nim 11.70.0055 kelompok 14 (Streptococci) bersama dengan Febby Ernita 11.70.0054 dan Setyo 11.70.0056..Anda menjelaskan bahwa Yersinia enterocolitica banyak terdapat pada susu yang telah dipasteurisasi dibanding susu mentah (poin 2) dan pertumbuhannya meningkat di suhu dingin. Jadi bagaimana treatment yang tepat untuk susu pasteurisasi tersebut agar terhindar dari yersinia di mana kita tahu penyimpanan susu lebih banyak dilakukan pada suhu yang dingin? terimakasih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Nies Mayangsari 11.70.0079 bersama dengan Melany 11.70.0078 dan Mulyanto 11.70.0076 dari kelompok 19 akan mencoba menjawab pertanyaan. Yersinia enterocolitica sebagai bakteri psikrotrofik, memiliki kemampuan bereplikasi pada suhu antara 0 dan 44° C. Waktu replikasi ganda pada suhu pertumbuhan optimum (sekitar 28 sampai 30° C) adalah sekitar 34 menit. Walaupun Yersinia enterocolitica dapat tumbuh pada suhu 0° C, bakteri ini tumbuh sangat lambat sekali pada suhu dibawah 5° C. Sebenarnya pada susu pasteurisasi m.o ini lebih banyak apabila semakin lama simpan. Susu pasteurisasi seperti yang kita ketahui tidak memiliki umur simpan yang lama, jadi sebaiknya apabila membeli susu pasteurisasi akan lebih aman bila langsung segera dikonsumsi.

      Hapus
  2. Saya Jong Epha Yosia nim 11.70.0025 kelompok 7 (enterococci) bersama dengan Monica Shita nim 11.70.0024 dan Anna Wibowo nim 11.70.0027
    di bagian cara penanggulangan pada proses pengolahan, anda menjelaskan bahwa proses pemasakan susu pasteurisasi adalah cara yang efektif untuk menghancurkan patogen, dan pengolahan lanjutan harus dilakukan untuk memastikan bahwa kontaminasi ulang makanan heatprocessed tidak terjadi setelah proses memasak.
    yang saya ingin tanyakan adalah pengolahan lanjutan seperti apakah yang dapat dilakukan?
    dan tolong dijelaskan contoh pengaplikasian proses tersebut
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Melany Isabella 11.70.0078 bersama kelompok saya Martines Mulyanto 11.70.0076 dan Nies Mayangsari 11.70.0079 akan mencoba menjawab pertanyaan anda. Pengolahan lanjutan yang dimaksudkan disini yaitu pengemasan. Bahan pengemas yang akan digunakan untuk mengemas susu pasteurisasi harus diperhatikan, misalnya susu pasteurisasi disimpan dalam kemasan aseptik, biasanya menggunakan plastik dengan jenis PE (polyethylene), HDPE (High Density Polyethylene) dan LDPE (Low Density Polyethylene) dengan tujuan mencegah kontaminasi setelah pengolahan, untuk melindungi selama susu pasteurisasi didistribusikan hingga sampai ke tangan konsumen.

      Hapus
  3. Saya Ong Benny Irawan (11.70.0017) dari kelompok 5 Clostridium perfringens bersama dengan Vonny Veronica (11.70.0018) dan T.Crestella Meryl Soenarta (11.70.0020) ingin bertanya beberapa hal.
    Telah dijelaskan di atas bahwa Yersinia enterocolitica merupakan bakteri patogen pada makanan seperti pada produk babi dan susu. Namun anda juga menyebutkan bahwa Yersinia enterocolitica juga bisa terdapat pada produk buah-buahan, sayuran, kerang, ikan, salad, sandwich, kue-kue dan tahu, meskipun isolat dari sumber ini sering termasuk jenis non-patogenik.
    Nah, bisa tolong dijelaskan, mengapa Yersinia enterocolitica pada produk babi dan susu bersifat patogen, sedangkan Yersinia enterocolitica pada produk buah-buahan, sayuran, kerang, ikan, salad, sandwich, kue-kue dan tahu tidak bersifat patogen?? Apa perbedaannya??
    Terima kasih :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya Nies Mayangsari 11.70.0079 bersama dengan Melany 11.70.0078 dan Mulyanto 11.70.0076 dari kelompok 19 akan mencoba menjawab pertanyaan. Disini yang kami maksudkan patogen adalah % m.o ini berdasarkan sumber isolatnya. memang berdasarkan penelitian, tingkat isolasi tertinggi patogen Y. enterocolitica (67%) terdapat pada babi. sedangkan, pada sumber-sumber lain lebih rendah dari pada babi. Namun begitu, meskipun rendah bukan berarti tidak berbahaya untuk kesehatan. :)

      Hapus